Tangkal Virus di Gadget USB


Banyak hal yang bisa kamu lakukan agar tidak ada malware nyelonong masuk ke gadget atau peranti simpan data portable anda.
Saat ini banyak file berbahaya, utamanya installer file aplikasi yang tidak jelas, yang nebeng dalam file yang kamu unduh dari jagat maya.
Agar peranti USB mu tidak dijangkiti virus inilah beberapa hal yang kamu harus lakukan, dijamin gadget dan juga PC yang kamu gunakan akan aman sentosa.
1. Jangan sembarangan unduh file.
Banyak peranti tablet PC, ponsel atau PDA, bisa mengunduh aplikasi secara langsung via koneksi internet. Pada ponsel, ada istilah instalasi OTA (over the air), yakni aplikasi dilakukan langsung dari dari server penyedia ke ponsel. Pilih sumber aplikasi yang jelas karena adakalanya aplikasi yang terinstal mendukung spyware dan adware.
2. Ruting lakukan pemindaian.
Kamu tidak akan tahu kapan perantimu terinfeksi virus, karenanya, setiap kali dicolokkan ke PC, lakukan pemindaian. Gunakan aplikasi antivirus –dengan beragam pilihan-untuk memindainya. Beberapa aplikasi disediakan khusus sebagai pengaman driver eksternal, seperti USB fash disk.
3. Lakukan imunisasi.
Tujuan mengimunisasi USB adalah membuat peranti ber-USB kebal dari ancaman malware seperti autorun.infyang bisa berjalan otomatis. Banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk ini, misalnya Panda, Panda USB and USB auto run Vaccine dan USB Virus Scan.
Dengan ini aplikasi langsung mendeteksi dan membuang malware saat perangkat di colokkan ke PC.
4. Instalasi antivirus.
Pasang aplikasi antivirus khusus di gadget bersistem operasi (smartphone dan PDA). Cara ini cukup efektif mendeteksi dan membuang maleware.
Beberapa aplikasi disediakan gratis, jadi kamu tidak membayar sepeserpun. Aplikasi ini wajib ada di smartphone atau PDA yang sering terkoneksi ke internet.
5. Lakukan backup.
Data seperti daftar kontak nomor telepon atau data penting yang tersimpan di hard disk layak untuk dicadangkan. Jadi kalau data dalam gadget hilang karena virus, cadangannya ada. Layanan online untuk beckup data ponsel dan PDA pun tersedia sehingga lebih memudahkan.
6. Cekal masuk virus.
Jika data di flash disk harus dibaca di computer lain, kamu bisa mengeset status flash disk ke mode real only. Beberapa flash drive menyediakan fitur ini. Jika tidak, gunakan aplikasi seperti USB Drive. Jika tidak yakin keamanan di PC yang dicolokkan ke peranti, misalnya ketika harus men-charging gadger via kabel USB, notifikasikan gadget. Pad ponsel Android, pilih opsi Unmount agar gadget tidak dideteksi PC. Di backberry, ada opsi untuk mengaktifkan atau men-nonaktifkan BB sebagai storage device drive ketika di koneksikan ke PC.
7. Jangan sembarang terima data.
Jangan pairing dari orang yang tidak dikenal di tempat umum. Hati-hati, ada aplikasi untuk mengirim pesan atau Bluethooth chat, yang sering mengirim adware ke ponsel yang dituju.
Category: 0 komentar

0 komentar:

Posting Komentar